Tujuh Cara Jitu Mengetahui Kulit Sensitif dan Cara Mengatasinya

  • Whatsapp

Apabila kulit Anda pernah merasakan reaksi yang tak lumrah atau gatal-gatal selesai pakai produk perawatan kulit atau produk bau harum, besar kemungkinan Anda punyai kulit peka. Manfaat pahami teknik penanganannya, Anda harus tahu lebih dulu ciri kulit peka serta apa yang menyebabkan buat menghambat iritasi tak terulang lagi.
Apa pemicu kulit peka?

Read More

Kulit peka ialah keadaan kulit yang bereaksi terlalu berlebih pada perihal lingkungan. Reaksi kulit yang terlalu berlebih ini sering dirasakan waktu pakai kosmetik, sabun, shampo, atau lotion tabir surya. Keadaan kulit peka dapat lebih buruk waktu terkena udara yang kering serta dingin. Biarpun isyarat iritasi tidak mesti terdeteksi, rasa gatal, perih, tersengat atau sensasi kulit kencang kebanyakan tetap ada.

Tiap-tiap orang punyai penyebab reaksi kulit peka yang berlainan, salah satunya dapat dikarenakan oleh paparan polusi serta pergantian suhu. Beberapa dapat terpicu oleh adat menekuni diet yang menjadikan penurunan berat tubuh dalam sesaat atau dampak satu penyembuhan spesifik.

Pemicu lain hingga kulit jadi peka ialah sering berubah produk serta perawatan kulit yang terlalu berlebih. Mengubah produk terus-terusan serta sering kerjakan pengelupasan kulit mati bisa menyebabkan kerusakan pertahanan kulit, bukanlah membuat perlindungan yang kuat buat kulit.

Beberapa keadaan di atas bisa lemahkan ketahanan susunan kulit terluar. Akhirnya, kulit alami iritasi, merasa panas, serta terkelupas. Dengan demikian, direkomendasikan buat menjauhkan suhu yang berlebihan serta kerjakan pengelupasan kulit cuma 1x 1 minggu.
Ciri kulit peka yang perlu Anda tahu

Pahami ciri kulit peka dapat dilihat dari kegiatan rutin perawatan pribadi Anda, seperti bagaimana caranya Anda menjaga kulit serta melihat banyak barang yang bersentuhan dengan kulit. Umpamanya, deterjen dengan bau harum, produk perawatan rambut yang memiliki kandungan alkohol, dan seterusnya.

Beberapa benda yang bersentuhan langsung dengan kulit dapat pengaruhi keadaan kulit. Pakai tetap produk yang lembut, yang dapat jaga kelembaban kulit Anda. Di bawah ini sinyal tanda kulit Anda terhitung ciri kulit peka.

1. Bercak atau ruam nampak dengan simpel

Bila kulit Anda simpel memunculkan bercak atau ruam lantaran pakai produk spesifik serta keadaan cuaca, mempunyai arti Anda punyai ciri kulit peka.

2. Kulit tak menyerap bau harum secara baik

Produk dengan bau harum tak bereaksi secara baik pada kulit yang peka. Bau harum yang sangat kuat dapat membuat kulit iritasi.

3. Produk membuat muka Anda merah atau sakit menusuk

Kulit yang memerah atau merasa panas menusuk dapat jadi satu diantara ciri kulit peka gara-gara reaksi alergi dalam suatu bahan kimia dalam produk kecantikan Anda, kata dokter Elizabeth Tanzi, Wakil Direktur Washington Institute of Dermatologic Laser. Pemilik kulit peka disarankan buat menentukan produk kulit tidak dengan bau harum serta tidak dengan bahan aktif yang kuat seperti retinoid atau asam glikolat buat menghambat tanda-tanda kumat kembali.

4. Alergi

Ada jalinan kuat di antara alergi serta kulit peka. Jangan cepat-cepat mengubah produk perawatan kulit Anda sesaat muka Anda masih iritasi. Seharusnya hentikan dahulu pemakaiannya betul-betul saat sejumlah minggu. Apabila kulit Anda masih merah atau kering selesai kerjakan perawatan yang sama, Seharusnya anda konsultasi dengan dokter kulit buat pastikan apa ini serius isyarat reaksi alergi. Masalah ini buat pahami apa yang perlu Anda kerjakan buat membuat sembuh kulit Anda.

5. Kulit kerap terkelupas

Kulit terkelupas berarti ada suatu ketidak-pasan pada kelembaban kulit Anda. Pengelupasan yang terlalu berlebih dapat dikarenakan oleh sering kerjakan exfoliation (scrub pengelupasan kulit mati). Disamping itu, kulit terkelupas dapat dikarenakan oleh kekeringan kulit yang sangatlah kritis. Pakai pelembap yang memiliki kandungan asam hyaluronic buat menangani masalah ini. Ada pula beragam teknik alami buat menangani kulit kering bersisik.

6. Kulit merasa gatal

Kulit gatal sebagai tanda-tanda kulit kering yang kritis. Kembalikan kelembaban kulit dengan gunakan produk perawatan yang lebih lembut serta menghidrasi buat isi kelembaban alami kulit.

7. Kulit memerah

Apabila kulit Anda terus memerah, barangkali itu tandanya Anda menyandang rosacea. Ciri kulit peka ini dikarenakan lantaran tersedianya peradangan pada kulit serta kerap diikuti dengan tonjolan kecil. Sewaktu Anda mendapatkan keadaan kulit sesuai ini, kupas dengan dokter kulit Anda buat mendapat perawatan yang pas.

 

sumber:hellosehat.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *