Sering Jetlag Saat Bepergian Naik Pesawat? Simak Tips nya

Kecuali cucian serta rekening tabungan yang (barangkali) jadi kering, permasalahan lain yang perlu dijumpai traveler sehabis berlibur panjang serta jauh merupakan kepayahan. Penerbangan atau perjalanan dengan tempo panjang bisa juga membuat kamu merasakan jet lag.

Situasi ini tidaklah kondisi yang serius sebab jet lag biasa diselesaikan dengan ringan. Tetapi, sedikit yang mengetahui teknik menangani jet lag dengan pas. Serta, situasi jet lag sedikit didapati oleh banyak orang.

Apakah itu jet lag?

Tetapi, apakah itu jet lag? Tahukah kamu teknik menjauhkan serta menangani jet lag sehabis perjalanan panjang yang melelahkan?

Jet lag diketahui jadi sindrom area waktu. Makna kerennya circadian desynchrony. Jet lag berlangsung sebab ada situasi yang mengacau circadian rhythm, siklus 24 jam dalam badan kita, seperti kapan waktu makan, tidur atau pekerjaan yang lain.

Siklus ini ditata di hipotalamus serta proses adaptasinya pada perkembangan area waktu dapat di katakan lamban, lebih kurang 1 hari buat tiap-tiap perkembangan area waktu sebesar satu jam seandainya berpergian mengarah timur, serta satu 1/2 jam seandainya berpergian mengarah barat. Hasilnya, sewaktu ada perkembangan atau pertukaran cepat, pengeluaran hormon melatonin, yang memiliki fungsi kirim tanda buat tidur atau terjaga, berubah menjadi tidak sesuai siklus jelas serta gelap.

Seperti apa tanda-tanda jet lag?

Nah, buat kamu yang tidak mengerti apa pernah merasakan tanda-tanda jet lag, beberapa hal dibawah ini dapat berubah menjadi tanda-tanda kamu merasakan situasi itu.

  • Masalah siklus tidur

Mereka yang merasakan jet lag rata-rata merasakan kepayahan serta mengantuk di siang hari, serta terbangun saat malam hari. Ada pula yang perlu tidur lebih dini serta bangun bertambah cepat dari agenda yang harusnya.

  • Masalah konsentrasi

Sebab unsur kepayahan, hal semacam itu pun pengaruhi perform, baik dalam kerja atau sekolah. Konsentrasi ikut pula mengalami penurunan serta selanjutnya kerja berubah menjadi tidak optimal.

  • Sakit kepala

Merasakan tidak bugar, kepayahan serta masalah menstruasi pada wanita
Nafsu makan yang mengalami penurunan serta skema makan yang beralih

Menjauhkan kondisi ini

Buat menjauhkan jet lag, kamu dapat lakukan beberapa teknik. Teknik dibawah ini dapat kamu turuti biar terlepas dari situasi yang kurang mengenakkan ini.

  • Menyiapkan situasi badan sebelum terbang

Persiapan dapat dikerjakan sekian hari sebelum terbang, seperti tidur lebih dini atau lamban dari agenda yang harusnya. Penilaian jam makan yang dekati dengan jam makan dalam tempat yang kamu bidik bisa juga berubah menjadi langkah yang diambil.

  • Aktif menggerakkan badan

Waktu ada di pesawat, kamu dapat lakukan gerak badan serta olahraga mudah, seperti berjalan di lorong pesawat buat menjadi lancar rotasi darah tiap-tiap dua jam.

  • Gunakan penutup telinga serta mata

Kamu dapat menjauhkan paparan bunyi serta sinar dengan gunakan penutup telinga serta mata waktu ada di pesawat dalam penerbangan. Dua alat tolong ini bisa juga menopang kamu tidur lebih pulas saat penerbangan.

  • Arif pilih minuman serta makanan

Pilih makanan berprotein dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama serta daya badan terus terbangun. Sesaat makanan berlemak dapat membuat penikmatnya mengantuk, hal yang dapat membuat kamu merasakan jet lag.

Buat minuman, jauhi minuman terkandung alkohol serta cafein. Sebaliknya, kamu harus semakin banyak minum air buat menahan dehidrasi serta sakit kepala yang diakibatkan oleh penerbangan yang panjang.

Menangani jet lag

Apabila upaya buat menjauhkan jet lag telah diusahakan, namun masih merasakan situasi itu, tak usah sangat risau sebab masalah jet lag dapat dengan ringan diselesaikan tidak dengan penyembuhan. Kamu tinggal memperhatikan kesehatan serta kesehatan badan dengan mengerjakan aktivitas seperti biasa. Tetapi, buat meringankan upaya serta menangani situasi jet lag, teknik dibawah ini dapat kamu kerjakan:

  • Mandi cahaya matahari

Teknik ampuh buat kembalikan jam biologis kamu yaitu dengan mandi cahaya matahari dengan cara langsung. Tidak usah kelamaan, kamu dapat nikmati guyuran cahaya matahari langsung saat pagi hari kurang lebih 5 hingga 10 menit.

  • Tidur singkat

Setibanya dalam tempat maksud, kamu dapat lakukan tidur singkat di siang hari, kurang lebih satu sampai dua jam buat cukupi keperluan waktu tidur yang diperlukan badan.

  • Mandi air hangat serta dingin di waktu tersendiri

Mandi air hangat pada pagi hari serta air dingin di sore hari dapat menopang badan membuahkan hormin melatonin serta menormalkan kembali skedul tidur kamu.

  • Minum teh hangat

Yakinkan kamu minum teh hangat dengan bahan alami yang pas. Mau membuat badan serta pemikiran lebih fresh pada pagi hari, sekaligus juga menangani jet lag, kamu dapat minum teh hangat berbahan yerba mate, ginkgo biloba atau ginseng. Sesaat buat dapat tidur nyenyak saat malam hari, teh chamomile, lavender serta valerian mungkin saja pilihan.

 

sumber:tripzilla.id

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy