3 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Celemek Bayi

3-hal-yang-harus-diperhatikan-dalam-memilih-celemek-bayi

Perlengkapan bayi yang harus disiapkan untuk si kecil tidak kalah banyaknya dengan perlengkapan orang dewasa pada umumnya. Salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah memperhatikan pemberian gizi yang dibutuhkan oleh si kecil. Selain dari segi makanan, peralatan makan yang digunakan dapat mempengaruhi daya tarik si kecil untuk mulai belajar makan. Pemilihan piring, sendok, hingga celemek yang akan digunakan untuk makan si kecil perlu diperhatikan. Yuk, simak 3 hal yang harus diperhatikan dalam memilih celemek bayi.

Pilih Celemek Berdasarkan Usia

Mulai kapan bayi perlu menggunakan celemek? Penggunaan celemek bertujuan untuk mencegah baju bayi kotor akibat tumpahan susu atau makanan. Tak hanya itu di usia pertumbuhan, bayi terus mengeluarkan air liur seiring perkembangan mulutnya. Sehingga dapat disimpulkan tidak ada aturan khusus untuk penggunaan celemek. Hal yang perlu lebih diperhatikan adalah kenyamanan dan kebersihan bayi pada saat menggunakan celemek. Sediakan lebih dari satu celemek untuk digunakan sehari-hari secara bergantian.

Perhatikan Keamanan

Pastikan celemek yang Anda pilih aman untuk digunakan si kecil. Tak hanya sebagai fashion item atau formalitas saja. Jangan memilih celemek bayi dengan hiasan yang berlebihan, dikhawatirkan hiasan yang berlebihan seperti kancing dan lain sebagainya akan membahayakan si kecil. Anda juga harus waspada terhadap warna celemek, banyak produk yang dijual menggunakan zat pewarna berbahaya. Karena si kecil yang lucu akan selalu menyentuh celemek bahkan menjilatinya

Perhatikan Tipe dan Ukuran Celemek

Ukuran lingkar leher bayi berbeda-beda. Bayi berusia 3-4 bulan memiliki leher yang gemuk dan berlemak. Leher akan mengecil seiring dengan makin aktifnya gerak bayi. Dalam menggunakan celemek, Anda harus memilih ukuran yang sesuai agar si kecil tetap nyaman dan ceria. Jangan terlalu ketat juga jangan terlalu longgar, celemek akan mudah terlepas dan pakaian tidak terlindungi dengan baik.

Penggunaan celemek pada bayi pastinya disesuaikan dengan keperluannya juga. Terdapat tiga tipe celemek yang ada di pasaran pada umumnya. Anda dapat menentukan celemek yang tepat digunakan untuk si kecil.

Celemek bentuk U yang pada umumnya digunakan oleh para bunda. Celemek bentuk ini digunakan untuk tujuan melindungi pakaian bayi dari bawah leher hingga dada. Celemek bentuk U merupakan celemek yang cocok untuk menangkal air liur dari mulut si kecil. Kedua sisi celemek bentuk U ini sangat lebar sehingga dapat membantu para bunda untuk mengelap mulut bayi.

Penggunaan celemek bentuk U ini dipasang dengan perekat di bagian belakang sehingga lebih cocok untuk bayi yang belum terlalu aktif. Karena bentuk celemek ini tidak pas menempel dengan badan bayi, sehingga akan mengganggu apabila digunakan saat Anda menyuapi bayi Anda yang sudah aktif bergerak. Untuk bayi yang sudah aktif bergerak lebih disarankan untuk memilih celemek yang memiliki ukuran sesuai dengan badan bayi.

Celemek bentuk bulat, merupakan sebuah desain celemek terbaru. Celemek ini berbentuk membulat dan melindungi leher bayi hingga 360 derajat. Celemek bentuk bulat sangat recommended untuk bayi yang mulai aktif bergerak. Menggunakan celemek bentuk bulat membuat si kecil tampak fashionable. Bukan hanya populer untuk bayi perempuan, melainkan juga populer untuk jalan-jalan ke luar rumah.

Pilihan tepat untuk bayi yang banyak mengeluarkan air liur adalah celemek bentuk bAndana. Celemek bentuk bAndana fokus dibentuk untuk melindungi bagian dada bayi. Celemek ini berbentuk segitiga berukuran kecil dan terlihat menarik.

Demikian 3 hal yang harus diperhatikan dalam memilih celemek bayi. Jangan hanya fokus terhadap keindahan motif celemek saja, utamakan penggunaan celemek berdasarkan tujuan dan kenyamanan si kecil. Banyak macam perlengkapan bayi yang lucu dan menggemaskan cek di blibli.com.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy